Beijing, Cina – Game online "Genshin Impact" telah menjadi sangat populer sejak diluncurkan pada September 2020 oleh pengembang asal Cina. Meskipun kesuksesannya, pemerintah Cina tidak merasa bangga. Menteri-menteri di sana khawatir tentang kecanduan game di kalangan remaja.
Pada tahun 2019, pemerintah Cina mulai memberlakukan batasan waktu bermain game untuk anak-anak di bawah usia 18 tahun. Mereka hanya diizinkan bermain selama satu setengah jam per hari selama hari sekolah. Namun, pada tahun 2021, batasan tersebut diperketat lagi. Kini, anak-anak hanya boleh bermain game online selama tiga jam dalam seminggu.
Dengan adanya pembatasan ini, muncul pertanyaan: Apakah kebijakan ini memberikan dampak positif? Sejumlah penelitian baru-baru ini menunjukkan hasil yang menarik mengenai pengaruh kebiasaan bermain game dan penggunaan ponsel terhadap prestasi akademik, kesehatan mental, dan kesuksesan di pasar kerja bagi siswa.
Penelitian ini mencakup berbagai aspek, termasuk bagaimana waktu bermain game berhubungan dengan nilai di sekolah. Apakah dengan membatasi waktu bermain game, anak-anak menjadi lebih fokus pada pelajaran mereka? Atau sebaliknya, pembatasan ini justru membuat mereka semakin penasaran dan mencari cara untuk bermain secara sembunyi-sembunyi?
Selain itu, penelitian juga mengevaluasi kesehatan mental para siswa. Kegiatan bermain game yang berlebihan sering kali dikaitkan dengan masalah kesehatan, seperti stres dan kecemasan. Dengan adanya batasan waktu, diharapkan anak-anak dapat lebih mengelola waktu mereka dan mengurangi risiko masalah kesehatan mental.
Di sisi lain, ada kekhawatiran bahwa pembatasan ini dapat mempengaruhi kemampuan sosial anak-anak. Bermain game sering kali menjadi sarana anak-anak untuk berinteraksi dengan teman-teman mereka. Dengan adanya pembatasan, ada kemungkinan mereka kehilangan kesempatan untuk berhubungan dengan teman-teman secara online.
Dengan semua informasi ini, penting untuk terus memantau dan meneliti dampak dari kebijakan ini. Apakah pembatasan waktu bermain game benar-benar efektif dalam meningkatkan prestasi dan kesehatan mental anak-anak? Atau ada solusi lain yang lebih baik untuk mengatasi masalah kecanduan game di kalangan remaja?
Pemerintah Cina terus mencari cara untuk menyeimbangkan antara industri game yang berkembang pesat dan kesejahteraan anak-anak. Pembatasan waktu bermain game adalah salah satu langkah yang diambil, tetapi hasilnya masih perlu diteliti lebih lanjut.
Melalui penelitian ini, diharapkan dapat ditemukan solusi yang lebih efektif untuk membantu anak-anak dalam mengelola waktu bermain game mereka, sehingga mereka dapat tumbuh menjadi individu yang sehat dan sukses di masa depan.
Genshin Impact game online pembatasan anak-anak Cina