Breaking News
DPR RI Resmi Sahkan RUU TNI Menjadi Undang-Undang     Penyelidikan Umum Terhadap Perawat Pembunuh Lucy Letby Dimulai     Presiden AS dan Ukraina Bahas Energi Nuklir dalam Pembicaraan Telepon     Kutipan Inspiratif dari Gus Dur untuk Bangkit dari Kekecewaan     Ladang Ganja Ditemukan di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru    

Ekonomi Kreator Menghadapi Tantangan Besar

Dalam beberapa tahun terakhir, ekonomi kreator semakin diterima sebagai masa depan media. Namun, kini ekonomi kreator menghadapi berbagai tantangan yang kompleks. Hal ini mirip dengan apa yang terjadi pada media digital sebelumnya.

Beberapa masalah yang muncul antara lain perubahan prioritas dari dua raksasa media, yaitu Meta dan X. Selain itu, ada juga ancaman larangan TikTok yang bisa mempengaruhi banyak kreator. Konsolidasi industri dan kelebihan konten yang dihasilkan oleh kecerdasan buatan (AI) juga menjadi perhatian utama.

Menurut hampir selusin ahli industri yang diwawancarai oleh Fast Company, semua isu ini berpotensi mengakhiri ekonomi influencer dan kreator seperti yang kita kenal saat ini. Ekonomi kreator, yang sebelumnya dianggap sebagai jalan baru untuk mendapatkan penghasilan dan berbagi konten, kini harus beradaptasi dengan berbagai tantangan yang muncul.

Dalam situasi ini, keaslian atau autenticity menjadi salah satu krisis yang dihadapi. Kreator harus menemukan cara untuk tetap relevan dan terhubung dengan audiens mereka di tengah lonjakan konten yang dihasilkan oleh AI dan perubahan platform media sosial.

Dengan banyaknya tantangan yang ada, masa depan ekonomi kreator mungkin akan sangat berbeda dari yang kita lihat sekarang. Para kreator dan influencer perlu berinovasi dan menyesuaikan strategi mereka agar tetap bisa bersaing dan menarik perhatian audiens di era yang terus berubah ini.

library_books Fastcompany