Breaking News
Khalida Jarrar Bebas setelah Ditahan oleh Israel     Inaugurasi Presiden AS Donald Trump Digelar di Washington DC     Warga Gaza Kembali ke Rumah Setelah Gencatan Senjata     Donald Trump Resmi Dilantik Sebagai Presiden AS ke-47     Perayaan Tenang di Tepi Barat Setelah Pembebasan Narapidana    

Game Fursan al-Aqsa Dihapus dari Steam di Inggris

Game Fursan al-Aqsa Dihapus dari Steam di Inggris

Steam, platform toko digital terkenal, telah menghapus game Fursan al-Aqsa: The Knights of the Al-Aqsa Mosque dari penjualannya di Inggris. Keputusan ini diambil setelah adanya tekanan dari Unit Rujukan Internet Kontra Terorisme Inggris atau Counter Terrorism Internet Referral Unit (CTIRU).

Game ini menampilkan adegan di mana para pejuang menyusup ke pangkalan tentara Israel dan terjun payung ke dalam pertempuran. Beberapa cuplikan permainan menunjukkan aksi yang mirip dengan serangan nyata, di mana pejuang Hamas menggunakan paralayang untuk melanggar batas tentara Israel yang memisahkan Jalur Gaza yang terblokade dari Israel.

Kontroversi seputar game ini memicu tuduhan adanya standar ganda dalam industri permainan video. Permainan video memang memiliki sejarah yang panjang dalam mengeksplorasi tema-tema berat dan kekerasan yang sering dianggap "teroristis".

Contoh terkini adalah Six Days in Fallujah, yang dirilis oleh Victura dalam akses awal pada tahun 2024. Game ini mendapatkan kritik karena mengisahkan kampanye dari perspektif tentara Amerika selama Perang Irak.

Permainan video sering kali menghadapi tantangan ketika mengangkat isu-isu yang sedang berlangsung atau baru saja terjadi. Tantangan ini muncul karena sifat interaktif dari media permainan dan emosi yang kuat terkait konflik yang sedang berlangsung. Namun, biaya yang meningkat dan waktu pengembangan yang lebih lama untuk membuat game berskala besar membuat banyak keputusan produksi kini diambil oleh pihak yang berfokus pada keuntungan, bukan oleh pengisah yang visioner.

Akibatnya, para gamer tidak dapat mengharapkan tradisi penggambaran yang kontroversial ini akan berakhir dalam waktu dekat.

Keputusan ini menandai langkah penting dalam dunia permainan video, di mana batasan antara hiburan dan realita sering kali kabur. Dengan adanya tekanan dari pihak luar, industri permainan video harus menghadapi tantangan untuk menjaga keseimbangan antara kreativitas dan tanggung jawab sosial.

library_books Middleeasteye