Breaking News
ANTARA dan IBL Jalin Kerja Sama untuk Kembangkan Bola Basket     Perkembangan Terbaru Konflik Israel-Palestina     Kotak Hitam Pesawat Korea Selatan Berhenti Merekam Sebelum Kecelakaan     Ahmed al-Mansour Kembangkan Pengikut di Mesir Setelah Perang Suriah     Hasto Kristiyanto Hadiri Soekarno Run Runniversary 2025    

Tahun 2024, Pengaduan di Schlichtungsstelle Mencapai Rekor Baru

Pada tahun 2024, Schlichtungsstelle Reise & Verkehr mencatat jumlah pengaduan yang belum pernah terjadi sebelumnya, dengan total 45.634 pengaduan baru. Ini merupakan peningkatan sebesar 14,5 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Menurut laporan dari Schlichtungsstelle, sebagian besar kasus ini telah diselesaikan.

Jumlah pengaduan pada tahun lalu bahkan melampaui jumlah pengaduan yang diterima pada tahun 2020, ketika banyak perjalanan dibatalkan akibat pandemi COVID-19. Pada tahun tersebut, tercatat 41.211 pengaduan. Salah satu alasan meningkatnya jumlah pengaduan pada tahun 2024 adalah meningkatnya kesadaran masyarakat tentang hak-hak penumpang dan adanya kemungkinan untuk menyelesaikan masalah secara independen tanpa melalui pengadilan.

Menyusul tren sebelumnya, 84 persen dari total pengaduan tahun lalu terkait dengan perjalanan udara. Penyebab utama dari banyaknya pengaduan tersebut meliputi pemogokan, cuaca ekstrem, dan gangguan sistem IT. Selain itu, konflik dengan perusahaan kereta api menyumbang 14,3 persen dari semua pengaduan. Sementara itu, pengaduan terkait perjalanan bus jarak jauh atau kapal memiliki proporsi yang jauh lebih kecil.

Dari total pengaduan, sekitar 42.800 kasus telah diselesaikan, dan dalam 90 persen dari kasus yang ditangani, berhasil mencapai kesepakatan damai antara pihak-pihak yang berseteru. Schlichtungsstelle menilai hal ini sebagai keberhasilan besar.

Para konsumen dapat menghubungi Schlichtungsstelle jika mereka tidak berhasil menyelesaikan masalah dengan perusahaan. Lebih dari 25 orang ahli hukum akan memeriksa secara gratis apakah konsumen memiliki hak untuk mendapatkan kompensasi, asalkan perusahaan tersebut adalah anggota Schlichtungsstelle.

Dengan meningkatnya pengaduan ini, diharapkan lebih banyak konsumen yang sadar akan hak-hak mereka saat melakukan perjalanan dan lebih proaktif dalam mencari solusi ketika menghadapi masalah.

Untuk informasi lebih lanjut, konsumen dapat mengunjungi situs web resmi Schlichtungsstelle.

library_books Tagesschau